Apakah perbedaan dari sifat rendah hati dan rendah diri

Mungkin kita sering mendengar istilah rendah hati dan rendah diri, tapi tahukah kamu bahwa keduanya sangat berbeda. Dan kebanyakan orang ternyata masih bingung dan bahkan tidak tahu akan perbedaan antara rendah hati dengan rendah diri. Lalu apa perbedaanya ?

Yuk simak berikut ini 5 perbedaan antara rendah hati dan rendah diri.

1. Rendah Hati Itu Tidak Sombong, Sedangkan Rendah Diri Itu Minder

Minder merupakan sikap tidak percaya diri sendiri dan sangat sering ditunjukkan di hadapan orang lain. Hal ini berbeda dengan rendah hati yang dimana sikap rendah hati lebih mengarah kepada jauh dari kesombongan, tanpa harus merendahkan dirinya di hadapan orang lain.

Biasanya orang rendah diri akan menganggap dirinya tidak bisa apa – apa dan tidak memiliki apapun. Sedangkan orang rendah hati, akan menganggap bahwa dia sanggup jika dia memang sanggup tanpa bermaksud untuk menyombongkan diri.

2. Rendah Diri Cenderung Anti Sosial, Sedangkan Rendah Hati Justru Sebaliknya

Seperti yang dilansir dari laman sciencedaily.com, biasanya orang yang anti sosial cenderung bersikap minder dan tertutup.

Seseorang bisa dikatakan minder, jika dia sampai menarik dirinya terlalu jauh dari interaksi sosial dan kondisi seperti ini merupakan kepribadian atau mental yang perlu mendapatkan bimbingan profesional dari pakar psikolog.

Sedangkan rendah hati malah justru sebaliknya. Orang rendah hati akan melibatkan dirinya kepada kegiatan – kegiatan sosial di mana dia dapat berinteraksi dan memiliki banyak relasi.

Hal ini yang menyebabkan orang rendah hati lebih disukai dan dicintai oleh komunitasnya.

Istilah rendah hati dan rendah diri sudah sangat sering kita dengar, tapi tahukah kamu jika kedua istilah tersebut memiliki arti atau makna yang berbeda dan bisa dibilang sangat jauh bertentangan?

Kalimat seperti “Aku mah apa atuh, cuma butiran rengginang,” merupakan salah satu bentuk dari sikap rendah diri yang biasanya muncul pada orang-orang yang merasakan insecure di dalam dirinya.

Sebaliknya, sikap rendah hati adalah perasaan yang menganggap dirinya setara, tidak lebih tinggi ataupun lebih rendah dengan orang lain, sehingga tidak menunjukkan kesombongan maupun rendah diri.

Bisa dibilang, rendah hati adalah sikap yang harus kita terapkan pada diri sendiri.

Dengan mengubah sikap rendah diri yang biasanya hanya merugikan diri sendiri, baik secara mental maupun fisik yang menghambat proses dalam kehidupan.

Sementara dengan perasaan rendah hati, kita mampu melihat sudut pandang setiap orang yang mampu membuat kita dapat menghargai pendapat serta perasaan orang lain tanpa merasa lebih baik ataupun superior.

Namun, bagaimana caranya agar kita bisa mengubah sikap rendah diri menjadi rendah hati? Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengubahnya.

Cara Mengubah Rendah Diri Menjadi Rendah Hati

1. Memiliki Self Esteem yang Sehat

Agar mampu menghilangkan sikap rendah diri yang kerap muncul, diperlukan self esteem yang sehat untuk mengusirnya di dalam diri kita sehingga mampu menghadirkan sikap rendah hati.

Namun, apa self esteem itu sendiri? Self esteem adalah perasaan, cara, dan pikiran seseorang terhadap diri sendiri atau bisa disebut juga sebagai harga diri yang tentunya tidak boleh berlebihan juga.

Dengan memiliki self esteem yang sehat, kita mampu melihat diri sendiri secara utuh dan mengoreksi apa yang perlu ditingkatkan serta diperbaiki lagi agar mampu menjadi sosok yang rendah hati.

2. Tingkatkan Rasa Optimis agar Tidak Merasa Selalu Minder

Rendah diri biasanya selalu dibarengi dengan perasaan pesimis yang membuat hati dan pikiran menjadi takut, cemas, dan khawatir, sehingga menghambat perkembangan diri kita.

Oleh karena itu, tingkatkan rasa optimistis agar mampu melihat kualitas diri sendiri, alih-alih merasa rendah diri dengan pencapaian orang lain agar kita mampu mendapatkan perasaan rendah hati.

Optimis berarti kita harus selalu berpikir positif terhadap hal apa pun untuk menghindari munculnya rasa minder yang menghalangi perasaan rendah hati untuk hadir.

3. Hilangkan Sifat Sering Memamerkan Apa pun yang Kamu Raih

Orang yang mempunyai perasaan rendah diri biasanya sering memamerkan apa pun yang mereka capai untuk mendapatkan pengakuan dari banyak orang akan kualitas diri mereka.

Hal ini bisa dibilang menjadi kontradiksi bagi sikap rendah hati yang memang pada dasarnya tidak sombong dan tidak merasa perlu untuk diakui oleh orang banyak, tapi cukup dengan pengakuan dari diri sendiri.

Maka dari itu, hilangkan sifat pamer yang kerap hadir jika ingin mengubah sikap rendah diri menjadi rendah hati, karena dengan memamerkan apa pun yang kamu miliki rasanya akan sulit untuk menghilangkan perasaan minder.

4. Kurangi Mengeluh, Perbanyak Bersyukur

Perasaan rendah diri biasanya sering memunculkan keluhan terhadap kehidupan karena merasa hidup orang lain terlihat lebih beruntung daripada diri sendiri.

Sementara jika ingin mendapatkan perasaan rendah hati, kunci utamanya adalah dengan bersyukur akan hal sekecil apa pun yang terjadi dalam hidup kita, tanpa memandang atau membandingkannya dengan kehidupan orang lain.

Diperlukan usaha yang keras untuk mengurangi keluh kesah yang memang wajar muncul di dalam diri, tapi usahakan keluhan-keluhan tersebut tidak mendominasi kehidupan agar mampu menjadi sosok yang rendah hati.

Setelah menyimak keempat cara mengubah perasaan rendah diri menjadi rendah hati, kamu juga bisa membaca satu rekomendasi buku berikut ini untuk semakin menguatkan tekad dan usaha untuk melakukannya.

Buku Better Me: Sebuah Seni untuk Menjadi Versi Terbaik Diri Sendiri adalah buku yang cocok untuk menginspirasi kamu dalam usaha mengubah sikap rendah diri menjadi rendah hati.

Buku ini berisi kunci hidup yang berdasarkan pengalaman penulis ketika mengalami depresi sejak kecil untuk mengubah hidupnya menjadi orang yang berpikiran positif dan bahagia.

Di sini kamu akan membaca pembahasan tentang segala tahap untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri, seperti self-love, law of attraction, mengubah pola pikir penuh syukur, hingga mengatasi overthinking.

Sudah tidak sabar ingin membacanya? Tenang, buku ini sudah bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Ini saatnya berusaha mengubah diri sendiri menjadi versi terbaikmu!


Page 2


Page 3


Page 4


Page 5


Page 6


Page 7


Page 8


Page 9


Page 10


Page 11


Page 12


Page 13


Page 14


Page 15


Page 16


Page 17


Page 18


Page 19


Page 20


Page 21


Page 22


Page 23


Page 24


Page 25


Page 26

endah hati=tidak merasa diri paling pintar,dermawan,kaya,dll.meskipun orang lain menganggapnya tersebut(tidak sombong) rendah diri=pesimis,tidak percaya diri,dll jadi pilihlah rendah hati oke!

  • . kansahamnida oppa 2 dan eonni 2

abagusmulyono abagusmulyono

Rendah hati=tidak sombong sedangkan rendah diri=tidak percaya diri

  • makasih banyak aku bisa tau apa perbedaan rendah hati dan rendah diri ksrena senin besok aku mau ulangan