Cara mengelompokkan angka di excel

Cara mengelompokkan data di Excel dapat diterapkan dengan mudah. Pada umumnya, cara ini diterapkan dalam PivotTable.

PivotTable merupakan alat untuk menghitung, meringkas, menganalisis data. PivotTable membantu pengguna melihat perbandingan, pola, dan tren dalam data dengan mudah dan cepat.

PivotTable dapat bekerja dengan cara yang berbeda. Hal ini tergantung pada platform yang digunakan oleh pengguna dalam menjalankan Excel. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui cara mengelompokkan data di Excel dalam PivotTable.

Baca Juga

  • Mencermati Cara Membuat Pilihan di Excel dengan Mudah

  • Cara Membulatkan Angka di Excel dengan Berbagai Fungsi

  • Mencermati Cara Filter di Excel dengan Mudah

Penggunaan Excel dengan data yang banyak dan belum dikelompokkan, maka akan sulit untuk memahaminya. Data yang sulit dipahami justru tidak akan bermanfaat sama sekali.

Advertisement

Jika data dapat dipahami lebih mudah dan cepat, maka pengambilan keputusan pun lebih sesuai. Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui cara mengelompokkan data di Excel.

Excel adalah aplikasi yang digunakan untuk menyediakan puluhan, hingga ratusan data yang diperlukan pengguna. Excel juga memiliki fitur dan rumus yang dapat diterapkan untuk mempermudah pengolahan data sehingga menghasilkan informasi yang akurat.

Excel kerap digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan maupun perusahaan dagang kecil. Pekerjaan yang membutuhkan Excel seperti admin gudang, admin stock opname, administrator umum, analis data, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, Excel juga dibutuhkan oleh pihak yang baru saja membuka usaha dagang. Pasalnya, pencatatan yang dilakukan dengan Excel akan lebih akurat dan muadh terlebih dengan beragam fitur yang disediakannya.

Perihal pengelompokkan data, jika pengguna ingin mengelompokkan data di Excel, maka cara yang digunakan yakni sebagai berikut. Pengguna yang mengelompokkan data dalam PivotTable, akan lebih membantu pengguna memperlihatkan subset data yang akan dianalisis.

Contohnya, jika pengguna ingin mengelompokkan data berdasarkan tanggal dan waktu daftar yang tidak rumit dalam PivotTable ke dalam kuartal dan bulan, caranya pun mudah. Berikut ini cara mengelompokkan data di Excel bagi pengguna Windows maupun Mac agar dapat lebih sesuai.

1. Cara Mengelompokkan Data di Excel bagi Pengguna Windows

Cara mengelompokkan data di Excel dapat memiliki berbagai tujuan. Berkaitan dengan hal itu, berikut ini penjelasan cara mengelompokkan data secara umum, hanya item tertentu, menurut tanggal dan waktu, dan lain sebagainya:

a. Mengelompokkan Data Secara Umum

Pada PivotTable, klik kanan salah satu nilai dan pilih Kelompokkan. Kemudian pada kotak Pengelompokkan, centang kotak Mulai pada dan Berakhir pada kemudian edit nilainya. Selanjutnya pada Menurut, pilih periode waktu. Untuk bidang numerik, masukkan angk ayang menentukan interval setiap grup dan pilih OK.

b. Mengelompokkan Item yang Dipilih

Jika ingin mengelompokkan item yang dipilih, maka tahan tombol CTRL, kemudian pilih beberapa kolom. Setelah itu klik kanan dan pilih Kelompokkan.

c. Pengelompokkan Menurut Tanggal dan Waktu

Fitur ini menegaskan adanya hubungan dis eluruh bidang terkait waktu akan dideteksi. Kemudian Excel akan mengelompokkannya secara otomatis saat pengguna menambahkan baris pada bidang waktu ke PivotTable. Berikutnya setelah dikelompokkan, pengguna mampu menyeret kelompok itu ke PivotTable dan memulai analisis.

Jika pengguna ingin memisahkan data yang telah dikelompokkan, caranya pun cukup mudah. Klik kanan pada salah satu item yang berada dalam grup. Kemudian pilih Pisahkan.

2. Cara Mengelompokkan Data di Excel bagi Pengguna Mac

Cara mengelompokkan data di Excel untuk pengguna Mac sangat mudah. Seperti pengelompokkan data lainnya, tentu kegiatan ini dapat memiliki berbagai tujuan. Berkaitan dengan hal itu, berikut ini rincian penjelasan terkait cara mengelompokkan data secara umum, hanya item tertentu, menurut tanggal dan waktu, dan lain sebagainya:

a. Pengelompokkan Data Secara Umum

Pada PivotTable, klik kanan salah satu nilai. Kemudian pilih kelompokkan dalam kotak Pengelompokkan, pengguna cukup mencentang kotak Mulai Pada dan Berakhir Pada kemudian edit nilai atau angka di dalamnya jika perlu.

Selanjutnya pada Menurut, pilihlah periode waktu. Jika pada bidang numerik, isikan angka yang menentukan interval grup. Setelah itu klik OK.

b. Pengelompokkan Item yang Dipilih

Jika pengguna hanya ingin mengelompokkan item yang dipilih, tekan tombol CTRL dan pilih dua atau beberapa nilai. Selanjutnya, klik kanan dan pilih Kelompokkan.

c. Pengelompokkan Menurut Tanggal dan Waktu

Dengan menggunakan fitur ini, hubungan di seluruh bidang terkait dengan waktu akan dideteksi oleh Excel. Kemudian, Excel akan mengelompokkan data tersebut secara otomatis ketika pengguna menambahkan baris bidang waktu ke PivotTable.

Setelah Excel berhasil melakukan pengelompokkan, pengguna pun dapat menyeret kelompok tersebut ke PivotTable dan melakukan analisis data. Hasil pun akan lebih akurat dan mudah dibaca.

Bagi pengguna Mac, jika ingin memisahkan data yang dikelompokkan, maka caranya cukup mudah. Pengguna cukup klik salah satu item dalam grup. Kemudian klik Pisahkan. Data pun akan terpisah dengan sendirinya.

Demikian cara mengelompokkan data di Excel bagi pengguna Windows maupun Mac. Selanjutnya dapat diketahui bahwa terdapat cara yang berbeda bagi kedua pengguna tersebut. Tak hanya menyediakan fitur pengelompokkan data, Excel juga memfasilitasi fitur pemisahan data di Excel dengan mudah.

 

Editor: Intan

  • #cara mengelompokkan data di excel
  • #Excel
  • #20 rumus Excel
  • #Microsoft Excel
  • #Artikel SEO
  • #Educate Me

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Email

Daftar

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Bagaimana cara mengelompokkan di Excel?

Mengelompokkan item yang dipilih Tahan Ctrl, lalu pilih dua atau beberapa nilai. Klik kanan dan pilih Kelompokkan.

Bagaimana cara memfilter data di Excel?

Memfilter rentang data.
Pilih sel apa pun dalam rentang..
Pilih Filter> Data..
Pilih panah header kolom ..
Pilih Filter Teks atau Filter Angka, lalu pilih perbandingan, seperti Di antara..
Masukkan kriteria filter dan pilih OK..

Bagaimana Cara Membuat Pivot Table?

Membuat PivotTable di Excel untuk Windows.
Pilih sel yang Anda inginkan untuk membuat PivotTable. ... .
Pilih Sisipkan > PivotTable..
Ini akan membuat PivotTable berdasarkan tabel atau rentang yang sudah ada. ... .
Pilih tempat Anda ingin meletakkan laporan PivotTable. ... .
Klik OK..

Bagaimana cara memisahkan data di Excel?

Memisahkan konten dari satu sel ke dalam dua sel atau lebih.
Pilih satu atau beberapa sel yang kontennya ingin Anda pisahkan. ... .
Pada tab Data, di grup Alat Data, klik Teks ke Kolom. ... .
Pilih Dipisahkan jika belum dipilih, lalu klik Berikutnya..