Diabetes tidak boleh makan buah apa

Tidak semua jenis buah harus dihindari penderita diabetes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sering kali ada anggapan bahwa penderita diabetes tidak boleh makan buah. Padahal, diabetesi tidak perlu menghindari semua buah, tetapi hanya perlu membuat pilihan cerdas.

Buah memang mengandung gula alami. Hanya, diabetesi perlu memilih buah yang cocok sesuai kondisi mereka. 

Buah, seperti banyak makanan lainnya, juga dapat meningkatkan gula darah. Lonjakan gula darah yang sering dapat meningkatkan A1C, atau ukuran seberapa tinggi rata-rata gula darah seseorang. Semakin tinggi level A1C, maka semakin buruk pula kondisi tubuh.

"Semua buah memiliki kualitas yang sehat, bahkan jika Anda menderita diabetes," kata Ahli Diet OnPoint Nutrition, Zoe Fienman RD LDN CDE.

Buah dipenuhi dengan serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Baik buruknya buah untuk diabetesi tergantung pada kandungsn gula dan indeks glikemik-nya. Indeks ini mengacu pada tingkat di mana makanan dicerna dan diserap ke dalam aliran darah.

"Jika lebih tinggi, itu berarti makanan lebih cepat rusak yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah lebih cepat," kata Fienman, dilansir dari All Recipes, Sabtu (6/11).

Seorang dengan diabetes mungkin dapat mentolerir pisang tanpa lonjakan gula yang besar. Sementara yang lainnya mungkin harus menghindarinya sama sekali.bTentu saja, selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli diet terdaftar saat mencari tahu pola makan yang tepat untuk mengelola diabetes dan gula darah.

Buah Terburuk untuk Penderita Diabetes

Fienman merekomendasikan untuk memikirkan ukuran porsi buah utuh (seperti apel) seukuran bola tenis dan potong buah menjadi beberapa bagian. Bahkan dalam porsi kecil, beberapa buah memiliki lebih banyak gula alami dan dapat meningkatkan gula darah lebih lama.

Buah-buahan yang mengandung gula alami dalam jumlah tinggi, seperti mangga, pisang, pepaya, nanas, dsn semangka serta buah kalengan. Buah-buahan kalengan dan koktail buah kecil yang lucu mungkin nyaman dan murah, tetapi tidak begitu baik untuk diabetesi.

"Makanan yang dikalengkan dalam sirup berat atau ringan bukanlah pilihan ideal untuk penderita diabetes," kata Kim Rose, RD, Spesialis Perawatan & Pendidikan Diabetes bersertifikat. 

Hal itu karena buah-buahan yang mengandung sirup mengandung gula tambahan yang mungkin terlalu banyak untuk ditangani tubuh.

Buah untuk Penderita Diabetes

Orang yang menderita diabetes perlu lebih selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi, termasuk buah-buahan. Beberapa jenis buah untuk penderita diabetes yang baik dan aman dikonsumsi adalah apel, stroberi, anggur, pir, jeruk, dan pisang.

Seorang penderita diabetes harus selalu memerhatikan asupan yang ia konsumsi, terlebih makanan yang mengandung karbohirdrat. Hal ini karena karbohidrat dalam makanan yang dikonsumsi akan diubah oleh tubuh menjadi gula. Jika asupan karbohidrat atau gula berlebihan, maka hal ini dapat meningkatkan gula darah.

Untuk mencukupi kebutuhan energi tanpa membuat tubuh mengalami peningkatan kadar gula darah yang berlebihan, maka buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Daftar Buah untuk Penderita Diabetes

Walau buah memiliki rasa yang manis, penderita diabetes tetap dianjurkan untuk mengonsumsi buah karena buah mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut ini adalah beberapa jenis buah bagi penderita diabetes yang aman untuk dikonsumsi:

1. Anggur

Semua jenis anggur mengandung antioksidan polifenol yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, anggur juga mengandung serat dan rendah kalori. Anggur adalah salah satu buah yang baik untuk penderita diabetes karena mampu menurunkan kadar gula darah.

2. Apel

Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, dan serat yang tinggi. Selain itu, buah apel juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini artinya buah apel dapat mencegah peningkatan kadar gula darah secara drastis.

Kandungan serat pada buah apel dapat membuat perut kenyang lebih lama, memperlambat penyerapan nutrisi seperti gula ke dalam aliran darah, dan mengurangi kolesterol. Saat mengonsumsi apel, sebaiknya makan bersama kulitnya karena bagian tersebut mengandung banyak gizi dan antioksidan.

3. Jeruk

Buah berwarna oranye ini juga termasuk buah untuk penderita diabetes. Selain mengandung vitamin C, jeruk mengandung air, kalium, tiamin, dan asam folat yang baik.
Kalium adalah salah satu nutrisi yang baik untuk membantu mengontrol tekanan darah. Selain itu, kandungan tiamin pada jeruk dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu mencegah resistensi insulin.

4. Buah beri

Buah yang termasuk golongan buah beri, seperti stroberi dan blueberry, merupakan jenis buah yang baik untuk penderita diabetes. Buah-buahan ini mengandung antioksidan, vitamin, dan serat yang baik untuk mengendalikan kadar gula darah.

5. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang unik. Kandungan vitamin C, serat, dan kalium yang tinggi pada buah kiwi, ditambah antioksidan yang tinggi di dalamnya, menjadikan buah ini sebagai asupan yang baik bagi penderita diabetes.

6. Jambu biji

Buah ini mengandung banyak serat dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Oleh karena itu, jambu biji dipercaya baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, buah ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

7. Pir

Buah yang memiliki rasa manis dan daging renyah ini juga baik untuk penderita diabetes. Hal ini karena buah pir mengandung serat yang dapat menyehatkan sistem pencernaan, serta beragam nutrisi lain, seperti vitamin K, air, dan antioksidan yang tinggi.

Jika ingin mengonsumsi buah, pilihlah buah untuk penderitas diabetes yang aman dikonsumsi seperti yang telah dipaparkan di atas. Sebaiknya pilih buah-buahan segar, bukan buah kalengan, manisan, atau buah-buahan kering yang mengandung tambahan gula atau pemanis buatan.

Untuk menentukan jenis makanan dan pola makan yang baik untuk penderita diabetes, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter gizi.


Buah apa yang tidak boleh dimakan saat diabetes?

4 Buah Pantangan Bagi Penderita Diabetes.
Semangka. Dua potong semangka mengandung 5,5 gram karbohidrat, dengan indeks glikemik 76, yang cukup tinggi bagi penderita diabetes..
2. Nanas. ... .
Pisang yang terlalu matang. ... .
Buah kalengan atau buah kering. ... .
Jus buah..

Penderita diabetes boleh makan buah apa saja?

Beberapa jenis buah untuk pengidap diabetes yang aman yaitu anggur, apel, jeruk, stroberi, dan pir.” Halodoc, Jakarta – Pengidap diabetes harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi, terlebih makanan sumber karbohidrat. Sebab, karbohidrat dalam makanan akan diubah menjadi gula oleh tubuh.

Buah apa yang bisa menaikkan gula darah?

Selain itu, kandungan serat pada buah-buahan juga memastikan gula darah bisa meningkat secara efektif dan cepat.

Apa yang harus dihindari penderita diabetes?

Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes.
Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes Mellitus. Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar gula dalam darah tinggi. ... .
Nasi Putih. ... .
Berbagai Olahan Tepung. ... .
Makanan yang Mengandung Lemak Trans. ... .
Buah Kering. ... .
Sereal Dalam Kemasan. ... .
Snack Ringan Dalam Kemasan. ... .
Kentang Goreng..